Cegah Kecelakaan, Jasa Raharja Ramp Check Gabungan Angkutan Umum Perusahaan Otobus di Palangka Raya

di Palangka Raya

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Dalam rangka optimalisasi pendapatan dan pencegahan laka lantas yang melibatkan angkutan umum dan memastikan alat angkutan yang laik jalan, Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah Bersama dengan mitra melaksanakan Ramp Check di sejumlah Perusahaan Otobus (PO) di Palangka Raya pada Kamis (13/06).

Mengingat Jasa Raharja yang diberikan amanah untuk memberikan perlindungan dasar pada setiap penumpang angkutan baik darat, laut, dan udara, maka Jasa Raharja Kalimantan Tengah melalui kegiatan Ramp Check ini sebagai salah satu bentuk upaya Jasa Raharja hadir melindungi masyarakat, baik penumpang maupun pemilik kendaraan bermotor umum yang berada di wilayah Kalimantan Tengah.

Kepala Unit Operasional dan Humas, Mangandar Doloksaribu yang hadir dalam kegiatan ramp check tersebut bersama-sama dengan Balai Pelaksana Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah, Ditlantas Polda Kalteng dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah mengunjungi Perum Damri, PO Agung Mulia, PO Logos dan PO Yessoe untuk dilaksanakan pengecekan terhadap armadanya. “Kegiatan ini tidak lain adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang dan memastikan bahwa moda transportasi yang digunakan telah layak dan aman menjelang libur panjang Idul Adha 1445 H Tahun 2024 .” ungkap Mangandar.

“Semoga dengan upaya ini bisa membantu meminimalisasi terjadinya laka yang diakibatkan oleh alat angkutan umum. Dan tentunya meningkatkan kesadaran para pengusaha angkutan umum untuk menjaga kondisi kendaraannya layak digunakan serta memastikan masa laku Iuran Wajib Jasa Raharja masih berlaku agar penumpang dan awak angkutan terlindungi.” tutup Mangandar.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin bersama stakeholder, agar pemilik alat angkutan penumpang umum memberikan keterjaminan serta perlindungan dasar terhadap penumpang alat angkutan umum. Dan pada kesempatan ini juga digunakan sebagai ajang sosialisasi UU No 22 tahun 2009 pasal 74 sehingga masyarakat paham akan pentingnya membayar pajak kendaraan serta membayar SWDKLLJ sebagai pendapatan asli daerah dan perlindungan dasar terhadap korban kecelakaan lalu lintas jalan yang menjamin jaminan Jasa Raharja.[]