FKLLAJ Kabupaten Deli Serdang berkomitmen untuk selalu melakukan pencegahan kecelakaan

jasa raharja sumut

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Deli Serdang – Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FKLLAJ) Kabupaten Deli Serdang kembali melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Jum’at (21/06),bertempat di Ruang Rapat Dinas Bappedalitbang Kabupaten Deli Serdang,dimana rapat kali ini membahas tentang masih tingginya angka kecelakaan yang melibatkan para pelajar dan masih belum berfungsinya Traffic Light disimpang 4 kayu besar Kecamatan Tanjung Morawa yang dapat mengakibatkan rawan nya kecelakaan.

Kecelakaan yang terjadi saat ini banyak yang melibatkan pelajar. Mereka belum bisa mengontrol emosi saat mengendarai motor. Banyak kejadian pelajar yang kebut-kebutan di jalan sehingga mengakibatkan kecelakaan,” ujar Tengku Rahmudin Amrah selaku Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tebing Tinggi.Sementara AKP Romy,S.Sos menyampaikan bahwa belum berfungsinya Traffic Light disimpang 4 kayu besar Kecamatan Tanjung Morawa menimbulkan kemacetan,kesemberautan dan dapat mengakibatkan rawan nya kecelakaan,serta masih minimnya sarana prasarana lalu lintas di titik titk rawan kecelakaan dan kepadatan.

Faktor yang memicu kondisi kecelakaan yang melibatkan para pelajar tersebut salah satunya faktor psikologis,biasanya mempengaruhi mental usia remaja. Umumnya, anak usia SMP dan SMA masih mencari pengakuan dan merasa lebih bebas sehingga melupakan aturan, termasuk saat berkendara. Faktor lainnya yaitu sikap permisif. Ada kalanya orang tua memberikan izin pada anaknya yang belum saatnya berkendara. Kadang masyarakat juga tidak mau menegur, mencoba memberikan edukasi terhadap lingkungan yang ada, termasuk anak-anak yang berkendara tidak memakai helm dan atribut kelengkapan lainnya.Maka Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FKLLAJ) Kabupaten Deli Serdang akan selalu tetap melakukan sosialisasi kepada para pelajar dengan memberikan pengetahuan Safety riding.

Terkait dengan masalah Traffic Light disimpang 4 Kayu Besar Kecamatan Tanjung Morawa menjadi hal urgen ,harus segera diperbaiki dan difungsikan sebagaimana mestinya,mengingat Kabupaten Deli Serdang akan menjadi tuan rumah PON Aceh-Sumut sehingga tidak terjadi kemacetan,kesemberautan dan dapat mengakibatkan rawan nya kecelakaan,pihak yang memiliki kewenangan dalam hal itu untuk dapat segera menindak lanjutinya ujar Bapak Ardhianto selaku perencana I Bapppedalitbang Kabupaten Deli Serdang.

Hadir dalam kegiatan Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tebing Tinggi Bapak Tengku Rahmudin Amrah, Dinas Perhubungan Kabupaten Deli Serdang dihadiri Bapak Risdo Pane selaku Kasi Keselamatan,Wakasat Lantas Polresta Deli Serdang Bapak AKP Romi,S.Sos,Bappedalitbang Kabupaten Deli Serdang di hadiri oleh Bapak Ardhianto,Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dihadiri oleh Bapak Hotman Saragih SKM,Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dihadiri oleh Bapak Bendry Simanjuntak,Dinas SDABMBK Kabupaten Deli Serdang dihadiri oleh Bapak Jhon Herry dan Dinas BPTD Sumut bapak Iksan N.Saragih.

Forum Komunikasi Lalu Lintas Kabupaten Deli Serdang akan segera Menyusun Program kerja bersama dalam rangka mencegah kejadian kecelakaan lalu lintas, menciptakan rasa aman dan nyaman di jalan raya dan memberikan layanan prima kepada masyarakat khususnya pengguna jalan raya. []