Jasa Raharja Hadiri Rapat Penutupan Posko Terpadu Angkutan Laut Natal 2022 Dan Tahun Baru 2023

Posko Terpadu Angkutan Laut

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang yang diwakili oleh Lambang Priantono Putra selaku petugas Jasa Raharja Samsat Kijang menghadiri Rapat Penutupan dan Evaluasi  Penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Laut Natal 2022 Dan Tahun Baru 2023 di kantor KSOP Kelas III Kijang pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2023. Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan kepala instansi terkait seperti Dinas Perhubungan Kab. Bintan, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kelas III Tanjungpinang, Danramil 02 Bintan Timur, Kepala Pos Mat TNI AL Kijang, Kepala Pos Kepolisian Kawasan Pelabuhan Kijang, PT Pelindo Regional I Cabang Tanjungpinang serta PT. Pelayanaran Nasional (PELNI) Tanjungpinang.

Rapat tersebut dipimpin oleh Abdul Rachman selaku Sekretaris Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Kijang. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi hadir dalam kegiatan rapat koordinasi ini. Koordinasi antar instansi sudah sangat baik selama penyelenggaraan angkutan laut di masa hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Instruksi Kementerian Perhubungan dalam memastikan keselamatan angkutan Nataru di Pelabuhan Sei Kolak Kijang dan Pelabuhan Sri Bayintan Tanjung Uban telah dipedomani dan diimplementasikan di lapangan dengan cukup baik. Seluruh armada kapal selama PAM Nataru dalam keadaan laik laut, posko pelayanan di pelabuhan berfungsi sebagaimana mestinya, protokol kesehatan telah diterapkan bagi seluruh penumpang dan petugas, pengawasan keamanan dan monitoring keadaan cuaca serta prioritas kenyamanan dan keselamatan penumpang sudah dilakukan dengan berkoordinasi BMKG dan intansi terkait lainnya. ‘Jasa Raharja dalam kegiatan posko bersama telah memberikan jaminan kecelakaan bagi penumpang sah pengguna sarana angkutan laut di Pelabuhan Sei Kolak Kijang dan Pelabuhan Sri Bayintan Tanjunguban’, jelas Abdul Rachman. ‘Ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas  tidak adanya kecelakaan atau kejadian luar biasa lainnya dalam perayaan Nataru tahun 2022 ini, kami sangat senang karena seluruh warga masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun baru ditujuan yang dituju dan penumpang menggunakan angkutan laut di pelabuhan Kijang diberikan keselamatan dan kelancaran sehingga dapat merayakan Nataru di tempat tujuan’, ujarnya kembali.

Lambang Priantono petugas yang mewakili Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang menyampaikan bahwa Jasa Raharja akan melakukan kegiatan PAM Nataru selama masa perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Petugas telah melakukan monitoring korban kecelakaan selama Nataru baik kecelakaan di jalan raya maupun kecelakaan di angkutan laut. ‘Kami telah berkoordinasi dengan Unit Laka Lantas Polres Bintan dan Polres Kota Tanjungpinang untuk mendapatkan info terupdate jika ada kejadian kecelakaan di jalan raya, lalu kami juga telah bekerjasama dengan KSOP, Polairut dan dinas terkait lainnya jika terdapat informasi kecelakaan di sarana angkutan laut sehingga kami mendapatkan informasi kecelakaan tersebut secara cepat, akurat dan reliabel’ ujar Lambang Priantono. Lambang Priantono juga menyampaikan uacapan terima kasih khusus kepada penumpang sah kapal laut milik PT PELNI yang membeli tiket secara resmi, sehingga setiap pembelian tiket kapal sudah termasuk premi Iuran Wajib Kapal Laut dari PT. Jasa Raharja. Jadi penumpang sah mendapatkan jaminan kecelakaan mulai dari dermada keberangkatan di Pelabuhan Sei Kolak Kijang sampai dengan dermaga tujuan sesuai tiket penumpang kapal.

Rapat koordinasi penutupan penyelenggaraan posko ini berjalan dengan lancar, setiap instansi menyampaikan evaluasi atas penyelenggaraan posko bersama penyelenggaraan angkutan laut Nataru tahun 2022 sehingga menjadi perbaikan untuk penyelenggaraan yang sama tahun depan. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara PT Jasa Raharja perwakilan Tanjungpinang dengan instansi-instansi terkait serta telah setiap instansi mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi pada saat perayaan Nataru di pelabuhan Sei Kolak Kijang dan Sri Bayintan Tanjung Uban kemarin.[]