Jasa Raharja Sulsel Bersama Samsat Mamuju Utara Sosialisasi Aplikasi Signal Guna Mempermudah Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak Kendaraan Bermotor

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Petugas Jasa Raharja Perwakilan Mamuju, Samsat Mamuju Utara Muh Khautsar Parawansa melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi SIGNAL kepada pemilik kendaraan bermotor. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan UU nomor 22 Pasal 74 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Sosialisasi tentang cara penggunaan aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) guna permudah pemilik kendaraan dalam melakukan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Selain itu, Khautsar juga menjelaskan peran dan fungsi Jasa Raharja yang bergerak di bidang Asuransi Sosial, pada hari Jumat (28/06/2024).

“Aplikasi SIGNAL adalah inovasi atas sistem pelayanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ) secara digital untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan kecepatan dan kemudahan bagi masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor,” katanya.

“Jasa Raharja menjalankan dua program sosial, yakni asuransi kecelakan lalu lintas Jalan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965. Untuk UU No. 34 Tahun 1964, penerima santunan pihak ketiga diluar kendaraan penyebab (pejalan kaki, pengendara motor dan mobil yang ditabrak, pengendara sepeda, penyeberang jalan). Dimana dana santunan tersebut didapat dari SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) yang dibayarkan pemilik kendaraan bersamaan dengan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat. Selanjutnya asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum di darat, laut, udara, danau, sungai dan penyeberangan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 Jo PP No. 17 Tahun 1965. Dari UU No. 33 Tahun 1964.” ujar Intan.

Di tempat berbeda, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Mamuju, Arnold Dwi Novrianto mengungkapkan, “Sebagai insan Jasa Raharja kita siap dan turut serta membantu untuk melakukan sosialisasi ke seluruh wilayah kerja kantor Jasa Raharja Perwakilan Mamuju dalam hal ini di wilayah kerja Samsat Mamuju Utara dan seluruh Samsat di Sulawesi Barat, karena saya melihat dengan adanya giat sosialisasi ini akan menambah informasi kepada pemilik kendaraan bermotor sehingga informasi didapat secara langsung dan menyeluruh,” tutup Arnold.[]