Pos Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Pacific Post (APP) ePacket Steering Committee Meeting & Workshop 2023

Tuan Rumah Asia Pacific Post

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Indonesia menjadi tuan rumah dalam gelaran Asia Pacific Post ePacket Steering Committee Meeting & Workshop 2023 di Hotel Aston Priority Simatupang   8-10 Februari 2023. Pertemuan yang dihadiri oleh 28 penyelenggara pos se-Asia Pasifik membahas isu-isu seputar ePacket seperti, evaluasi kinerja tahun 2022, bisnis plan 2023, penyesuaian fitur agar lebih bersaing dengan layanan sejenis, serta ekspansi pasar melalui penambahan negara tujuan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini sekaligus memperkenalkan chairman APP tahun 2023 yaitu Hariadi yang merupakan Direktur Operasi dan Digital Service Pos Indonesia. Acara dibuka oleh Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi.  Faizal menyampaikan harapannya agar di masa kepemimpinan Indonesia tahun ini organisasi ini dapat memberi kontribusi positif baik bagi organisasi maupun bagi Pos Indonesia. “Suatu kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah APP ePacket Meeting 2023. Hal ini menunjukkan bahwa posisi Indonesia penting, dan tujuan kegiatan ini sejalan dengan rencana besar pemerintah Indonesia terkait dukungan UKM untuk menggenjot ekspor di era perdagangan digital, dan bahwa layanan ePacket sangat relevan di tahun-tahun mendatang,” ungkap Faizal.

Pertemuan tahun ini diselenggarakan secara hybrid, 17 peserta dari 8 negara hadir secara fisik, sedangkan 20 negara lainnya hadir secara online. Ini merupakan pertemuan hybrid pertama pasca pandemi Covid-19. Managing Director APP Cooperative Sid Hart optimis pertemuan ini akan banyak membawa dampak positif bagi perkembanngan ePacket. Di masa pandemi volume kiriman rata-rata ePacket mengalami penurunan. Pada kesempatan ini tim mendiskusikan cara untuk mengatasi anjloknya volume ePacket serta merumuskan fitur produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar untuk meningkatkan volumenya.

Setelah rapat hari pertama, para delegasi berkesempatan mengunjungi Museum Prangko Taman Mini Indonesia Indah. Museum Prangko memamerkan koleksi parngko asal Indonesia dan luar negeri dengan penyajian tematik. Di Museum Pangko para undangan juga disuguhkan musik bambu dari “Saung Angklung Mang Udjo”  Bandung. Menariknya, saat melantunkan lagu Bengawan Solo, setiap  delegasi terlibat memainkan angklung .

Usai workshop hari kedua, peserta mengikuti Gala Dinner di Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah. Sid menyampaikan apresiasinya atas penyambutan dari tuan rumah yang luar biasa, “Saya secara pribadi sangat mengapresiasi penyelenggaraan APP ePacket Steering Committee Meeting & Workshop 2023 yang diselenggarakan oleh Pos Indonesia. Saya yakin peserta lain juga sangat bersemangat ketika diajak berkeliling Taman Mini, tempat itu seperti miniatur Indonesia, Luar Biasa!”, seru Sid.

Layanan ePacket mulai beroperasi di Indonesia tahun 2018. Sejak awal diluncurkan antusiasme masyarakat terhadap lalyanan ini cukup tinggi. EPacket dianggap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era e-commerce dengan tarif yang terjangkau. Minimnya jumlah maskapai yang beroperasi di masa pandemi, menjadikan ePacket dari Indonesia hanya dapat dikirim ke 7 negara tujuan. Sejak Oktober 2022 Pos Indonesia telah kembaali membuka rute pengiriman ePacket ke 16 negara tujuan di Asia Pasifik. Kiriman outgoing ePacket dari Pos Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 7,2% pada periode Januari 2023.[]