Tambah Hari Pelayanan, Samsat Keliling Ende Beroperasi Hari Sabtu

jasa raharja NTT

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – ENDE — Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Ende kali perdana mengoperasikan Samsat Keliling pada hari Sabtu, guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat atau wajib wajak kendaraan bermotor.

“Hari ini, untuk pertama kalinya kami beri layanan Samsat Keliling pada hari Sabtu,” papar Kepala PT. Jasa Raharja Perwakilan Ende, Denny Adianto disela-sela pelayanan Samsat Keliling, Sabtu (14/10/2023).

Menurut Denny Adianto, selama ini pelayanan Samsat Keliling beroperasi selama lima hari kerja, dari Senin-Jumat, ke depan menjadi enam hari ditambah dengan hari Sabtu.

“Meskipun Samsat Reguler libur pada hari Sabtu, tapi Samsat Keliling tetap akan beroperasi,” tegas Denny Adianto.

Menurut Denny Adianto, bahwa untuk Ende ada dua lokasi Samsat Keliling, sedangkan di Bajawa juga dilakukan dibeberapa titik di Kecamatan. Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTD Bapenda Wilayah Kabupaten Ende, Abdulgani Tokan mengakui, dengan adanya Samsat Keliling ini, dapat meningkatkan mutu pelayanan publik, khususnya pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Di samping itu juga, lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat atau Wajib Pajak, yang berdomisili jauh dari Samsat Induk, sehingga dapat mengurangi biaya transportasi dan waktu,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Abdulgani Tokan juga mensosialisasikan pemberlakuan Tax Amnesty bagi Wajib Pajak kendaraan bermotor, yang berlaku pada Oktober – Desember 2023.

“Dengan Tax Amnesty ini, Wajib Pajak diberi keringanan dan pembebasan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotornya,” tambah Abdulgani Tokan.[]