Tekan Angka Kecelakaan, PT Jasa Raharja Perwakilan Pematang Siantar Lakukan Focus Group Discussion (FGD) Bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) Wilayah Pematang Siantar

Wilayah Pematang Siantar

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Rabu 11 Januari 2023, PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara melalui PT Jasa Raharja Perwakilan Pematangsiantar melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas bertempat di ruang rapat PT. Jasa Raharja Perwakilan Pematang Siantar.

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Pematang Siantar Bapak Akbar Atas Aji, Polresta Pematang Siantar diwakili oleh Kanit Laka Ipda Syawaluddin Nasution, Dishub Kota Pematang Siantar diwakili oleh Kabid Perhubungan Darat Bapak Sarifuddin Saragih, Dishub Prov. Sumut UPT. PSP Pematang Siantar diwakili oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Bapak Juhendra Siregar adalah bertujuan untuk berdiskusi dan berkolaborasi memaksimalkan peran Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas di wilayah Kota Pematang Siantar.

Dalam kegiatan FGD Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) wilayah pematang siantar ini, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Pematang Siantar Akbar Atas Aji memaparkan adanya peningkatan jumlah santunan yang diserahkan pada tahun 2022 diwilayah Kota Pematang Siantar sebesar 12% dibandingkan tahun 2021 yang didominasi kenaikan pada santunan meninggal dunia sebesar 66,67%. Bapak Akbar Atas Aji juga menambahkan bahwa Kecamatan Siantar Martoba merupakan Kecamatan dengan jumlah korban kecelakaan terbanyak di seluruh wilayah Pematang Siantar dan  rentang usia korban kecelakaan paling banyak adalah 15-24 tahun dimana usia tersebut kebanyakan adalah para pelajar. Hal ini tentu menjadi perhatian dari anggota Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) bagaimana agar angka kecelakaan tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan sosialisasi kesekolah-sekolah agar para pelajar sadar akan keselamtan berlalu lintas.

Pada kesempatan yang sama, Satuan Lalu Lintas Polresta Pematang Siantar melalui Ipda Syawaluddin menyampaikan pihak kepolisian terus  melakukan himbauan dan teguran secara humanis kepada para pengendara kendaraan bermotor di wilayah Kota Pematang Siantar agar selalu patuh terhadap aturan lalu lintas khusunya para angkutan umum yang membawa penumpang melebihi kapasitas. Selain itu, hal yang tidak luput dari perhatian Forum Komunikasi Lalu Lintas adalah banyaknya kendaraan odong-odong yang beroperasi di wilayah Kota Pematang Siantar yang minim akan fitur keselamatan sehingga berpotensi besar untuk terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, FKLL wilayah Pematang Siantar bersepakat akan melakukan tindak lanjut memberikan himbauan kepada para pemilik usaha odong-odong.

Dengan dilakukannya kegiatan FGD Forum Komunkasi Lalu Lintas ini, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Pematangsiantar Akbar Atas Aji berharap hal-hal yang sudah disepakati bersama bisa langsung di implementasikan agar masyarakat semakin taat dalam berlalu lintas sehingga terwujud keselamatan berlalu lintas di wilayah Kota Pematang Siantar.  []