Tingkatkan Pelayanan Samsat, Bapenda Riau Sediakan Aplikasi Antrean Online

jasa raharja riau

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – Untuk meningkatkan pelayanan bagi wajib pajak kendaraan bermotgor, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau membuat inovasi Aplikasi Antrean Online. Kepala Bapenda Riau, Evarefita mengatakan aplikasi akan mempermudah wajib pajak yang menunaikan kewajiban pajak kendaraan di Kantor Samsat.

“Dengan adanya aplikasi ini wajib pajak akan lebih tenang dan mengatur sendiri jadwal kedatangannya di Kantor Samsat tanpa berebut nomor antrean, cukup mendaftar di aplikasi untuk kemudian hadir sesuai dengan nomor antrean” terang Kepala Bapenda kepada media, Rabu, 26 Juni 2024 di ruang kerjanya Jl. Sudirman Pekanbaru.

Di tempat terpisah, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Riau, Hasjuddin, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi improvement berupa upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kesamsatan ini. “Jasa Raharja sebagai bagian integral dalam Tim Pembina Samsat menyambut baik inisiasai Bapenda Riau. Aplikasi antrean tersebut kami harapkan juga dapat dikembangkan kepada berbagai layanan dan informasi lainnya terkait kesamsatan, sehingga Masyarakat lebih terinformasi dan teredukasi.” Demikian Hasjuddin.

Dijelaskan, untuk mengakses antrean online dengan cara mengakses link www.bapenda.riau.go.id, kemudian mengunduh aplikasi antrean online, registrasi dan pendaftaran. Khusus untuk pendaftaran dilakukan satu hari sebelum melakukan transaksi pembayaran. Antrean online dibuka setiap Senin sampai Kamis untuk pengesahan satu tahun, identitas KTP harus sesuai dengan STNK.

Berbagai kemudahan serta upaya mengurangi antrean di Kantor Samsat, Sebelumnya telah dikembangkan Bapenda Riau bersama pihak kepolisian dan Jasa Raharja, diantaranya Samsat Tanjak dan Samsat Drive Thru. Samsat Drive Thru tersedia di depan Kantor Samsat Simpang Tiga, Depan Kantor Samsat Jalan Gajahmada Pekanbaru, Samsat Drive Thru Tembilahan (Indragiri Hilir), Samsat Ujung Tanjung (Rokan Hilir), Samsat Drive Thru Pangkalan Kerinci (Pelalawan) dan juga Kota Dumai. []