Utama Dalam Pelayanan, Jasa Raharja Kalsel Bergerak Cepat Lakukan Survey Kepastian Ahli Waris

Survey Kepastian Ahli Waris

BAROMETERBISNIS.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan melalui Petugas Jasa Raharja Samsat Barito Kuala Achmad Zein melakukan kunjungan jemput bola ke rumah ahli waris dari Kusran, pada Selasa (25/6/2024).  Kecelakaan tersebut terjadi di di Jalan Gubernur Syarkawi Desa Pematang Kecamatan Sungai Tabuk.

Kecelakaan ini melibatkan sepeda motor yang menabrak sepeda dayung yang dikkendarai oleh saudara Kusran yang datang dari arah Sungai Tabuk menuju kearah Gambut. Akibat dari laka tersebut korban meninggal dunia di Tempat Kejadian Perkara.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan, Deddy Irawan menyampaikan “Kami turut prihatin dan juga berbelasungkawa atas musibah kecelakaan ini. Petugas kami langsung menuju ke tempat kejadian kecelakaan dan juga rumah Ahliwaris korban untuk menindaklanjuti kelengkapan pembayaran santunan,” ungkapnya.

Sejalan dengan peraturan menteri keuangan Nomor 16/PMK.010/2017, besarnya santunan untuk korban kecelakaan yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas jalan adalah sebesar Rp 50 juta, penggantian biaya perawatan sebesar maksimal Rp 20 juta, biaya ambulan paling banyak Rp 500 ribu dan biaya P3K paling banyak Rp 1 juta.

Perlu diketahui bahwa santunan korban kecelakaan lalu lintas berasal dari dana Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan oleh masyarakat bersamaan pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya di Samsat. Kecepatan proses santunan didukung oleh sinergi pelayanan dan digitalisasi sistem pelayanan bersama beberapa instansi terkait yakni Kepolisian, Rumah Sakit, dan Ditjen Dukcapil.

PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan turut menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam berkendara dan senantiasa jaga jarak aman antar kendaraan.[]